Friday, June 06, 2008

Faktor Perkembangan Kecerdasan Bayi

Kira-kira 3 hari yang lalu, di pagi hari MetroTV menayangkan acara seputar Bayi dan balita. Acara yang dipandu oleh Soraya Haque ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan bayi dalam masa Golden Age, yakni 3 tahun pertamanya.
Si Dokter dalam bincang tersebut mengatakan bahwa ada 3 faktor yang mempengaruhi kecerdasan bayi di 3 tahun pertamanya, yaitu:
1. Genetika
2. Stimulasi
3. Nutrisi
Faktor Pertama yaitu Genetika, tentu saja maksudnya adalah orang tua si bayi. Orang tua yang cerdas cenderung memiliki anak yang cerdas. Tapi ini tentu perlu didukung dengan 2 faktor lainnya.
Faktor Kedua yakni Stimulasi, maksudnya adalah, sejak sedini mungkin anak perlu mendapat stimulasi otak, salah satunya berupa nyanyian. Nyanyian salah satu yang efektif, karena selain menstimulasi pendengaran, si anak -khususnya usia batita- juga mengenal kata-kata baru dari lagu yang didengarnya. ini bagus untuk menambah perbendaharaan kosa katanya.
Faktor ketiga yaitu Nutrisi, tentu saja adalah makanan yang diterima oleh si bayi, apakah cukup kandungan gizinya dan memiliki semua zat yang dibutuhkan oleh pertumbuhan otak bayi.
Sayang sekali acara ini tayang pada jam kantor, dimana ibu pekerja tentu akan ketinggalan informasi berharga ini.

No comments: