Tuesday, May 13, 2008

Penyebab Bayi Kuning? Gimana kalo mau ASIX?

Demikian judul email dari salah satu milis Asiforbaby.

Saya pun teringat dengan pengalaman pribadi, ketika si kecil Kay kuning dihari ke-2 pasca melahirkan sementara ASI hanya sedikit. Padahal, salah satu penetralisir kuning pada bayi adalah minum. Sedangkan diawal perawatan, saya sudah wanti-wanti kepada suster, bahwa saya ingin ASIX.

Para suster pun meminta izin agar bayi saya boleh diberikan susu formula (sufor). Dengan berat hati, saya pun mengizinkan. Bayi pun harus disinar.

Saat memasuki ruang bayi, melihat si kecil sedang disuapi sufor, air mata langsung menetes. Rasa bersalah karena tidak dapat memberikan yang terbaik baginya membuat air mata mengalir makin deras. Para suster yang berada di ruangan segera menghibur dan membesarkan hati saya. Menurut mereka, umumnya bayi memang kuning dan ASI memang baru keluar dihari ke-3 pasca melahirkan. Mereka juga menyemangati saya agar berpikir positif ASI akan banyak, agar ASI saya segera keluar dan banyak. Mereka pun menawarkan massage agar saya bisa segera memberikan ASI bagi si kecil.
Tidak berapa lama setelah kejadian di ruang bayi, koordinator Laktasi memasuki kamar saya dan meminta saya bersedia diwawancara oleh pihak majalah Tumbuh Kembang. Ternyata mereka mewawancara saya seputar ASIX. Hmm... mungkin para suster diruang bayi tadi yang merekomendasikan saya untuk diwawancarai?

Hanya 2x si kecil Kay mendapat suapan sufor, karena saya segera meminta suster untuk stop sufor. Saya pun memaksa pulang & merawat bayi kami sendiri. Jadilah saya pulang dari RS dengan status Pulang Paksa.

Namun keputusan ini ternyata tepat, karena dalam 2hari, bilirubin Kay sudah jauh dibawah batas aman. Saat ini ASI pun alhamdulillah berlimpah.

No comments: