Saturday, September 06, 2008

Milis

"Mending kamu pergi liat tempat fitness daripada browsing-browsing yang gak penting itu" kata suami suatu pagi.

Saya sempet tersinggung dengan tuduhan suami yang menganggap browsing weddingku dan gabung dibeberapa milis adalah kegiatan sia-sia. Tapi saya pikir-pikir, suami memang tidak pernah baca isinya, maka tentu saja suami tidak paham manfaatnya sehingga menganggap kegiatan itu sia-sia, huehehe...

Padahal, dari ikutan forum dan beberapa milis tentang parenting, selain saya jadi makin paham seluk-beluk pemberian dan penyimpanan ASI, saya jadi tahu apa dan dimana bisa hypnobirthing dan waterbirth, saya juga jadi tidak panik ketika Kay tidak pup selama 5hari (ternyata batas wajar bayi ASIX tidak pup adalah 14hari), juga ada info kiat-kiat ibu menyusui dalam menjalankan puasa, info nursery room di mall-mall jakarta, info dokter-dokter yang dodol bin asal dalam memberikan pengobatan, info seminar Ibu dan Bayi, dll, dsb, dst.... yang tidak akan ditemukan dalam Baby Book paling lengkap sekalipun.

Pengetahuan yang makin bertambah setiap hari, membuat saya semangat menyebarkan ilmu yang saya ketahui kepada para sahabat yang sedang hamil, saat mereka bertanya seputar kehamilannya. IMD (yang baru tahun 2007 masuk ke Indonesia), melahirkan normal, serta memberikan ASIX, merupakan topik yang gencar saya singgung. Saking semangatnya, suatu kali seorang sahabat bilang ke saya,"Ya ampyun Uniii... dulu kalo ngobrol ama lo 'Dys, yuk kita hang out yuk...'. Sekarang.... 'Dys, pilih Normal kalo emang bisa melahirkan normal yaa... Nanti ASI aja ya Dys, jangan susu kaleng'. Hahaha.. Uni..unii... lo berubah banget yak!"

Saya jadi ikut tertawa mendengar sahabat saya itu. Iya juga ya..hehehee...

Ada juga sahabat yang sedang hamil anak ke-2, sms saya menanyakan apakah saya masih asi. Ketika saya jawab masih, dia pun bilang 'Gue juga mau ASIX ah, buat anak gue nanti'. Syukurlah, udah gak perlu di-brainwash lagi.... :)

Sahabat saya yang lainnya yang sedang hamil 4bulan, kerap menelepon saya untuk menanyakan ini-itu seputar pregnancy. Info-info yang dia terima tidak bisa dia konfirmasikan ke Ibunya, karena tentu saja si Ibu sudah tidak up to date (sama seperti Ibu saya).

Saya sendiri, bernasib sama seperti sahabat saya: tidak ada sepupu, ipar apalagi orang tua untuk bertanya seputar pemberian ASI, khususnya. Karena dari keluarga besar kedua orang tua tidak ada satupun yang memberikan ASIX. Begitupun juga dengan keluarga suami. Jadilah saya berusaha sendiri mencari-cari info yang tentunya saya peroleh dari beberapa milis yang saya ikuti. Karena lebih tidak mungkin lagi saya bertanya pada suami tercinta... hiks....

No comments: