Wednesday, July 02, 2008

Harta Paling Berharga di Dunia

"Apa harta paling berharga di dunia, Mas?" pertanyaan iseng saya pada suami disuatu hari. Suami tak menjawab, entah tidak tahu jawabannya atau tidak mau menjawab. Huehehe...

Jawabannya tentu saja bukan tumpukan emas balok, bukan juga investasi rumah & apartement mewah, pun bukan deposito miliaran. Harta paling berharga didunia hanya ada satu: Istri Sholehah. Tentu saja jawaban itu bukan opini pribadi, melainkan ajaran dalam Islam yang tertulis dalam semua buku persiapan pernikahan.

Beberapa hari setelah pertanyaan saya tadi, pada suatu pagi saya menyaksikan acara ‘Titian Iman’ yang disiarkan oleh satu stasiun TV. Temanya saya lupa, tapi membahas tentang istri sholehah. Kebetulan sekali. Di acara itu dikatakan betapa Allah SWT melaknat suami yang berbuat dzalim terhadap istri sholehah.

Seperti apa istri sholehah? Islam menggambarkan istri sholehah adalah istri yang patuh pada suami, menjaga kehormatan diri dan harta suami selama suami tidak dirumah.

Saya jadi teringat beberapa tahun yang lalu. Sahabat saya, seorang pria, bercerita pada saya bahwa salah satu teman aktivis di organisasi kami, seorang wanita berhijab panjang, telah berselingkuh hingga berbuat zina. Sahabat saya menceritakan kisah itu pada saya bukan bermaksud ghibah, tapi agar saya mau bicara dari hati ke hati dengan si wanita, karena sebagai lelaki dia merasa risi jika harus bicara lebih intim dengan si wanita.

Sebelum saya bicara langsung dengan si wanita, sebenarnya saya tidak percaya dengan cerita perselingkuhan itu. Karena saya tahu persis si wanita, meski tidak dekat. Apalagi hijab panjangnya yang mencapai pinggang. Apa mungkin? Namun setelah saya bicara 4 mata dengannya, dan pengakuan itu keluar langsung dari mulutnya, saya terperangah. Allahu Akbar….

Sampai sekarang si wanita masih berhijab dan telah menikahi selingkuhannya itu.

Jadi, (kalo ini menurut saya ) istri sholehah tidak bisa dilihat dari fisik semata, namun melihat jauh ke dalam. Semua kembali kepada niat. Maksudnya niat menikah karena apa? Jika menikah dengan niat mendapat ketenangan hidup dunia-akhirat dan mendapat berkah & ridho Allah, insya Allah si istri selalu dijaga sikap-langkahnya oleh Allah sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi suaminya dan mendapat cap sebagai Istri Sholehah, tentu dimata Allah SWT.

1 comment:

OC said...

Hallo Deasy, ini Olla...pernah kerja bareng ama pak Budi dulu di Intel. Dapat reference blog Deasy ini dr pak Budi..dan setelah baca, ga' bisa resist utk tidak comment. Your blog is beautiful, full of love and insights.

Kay cantik sekali..kaya' mamanya. Mudah2an jd anak yg soleh, sehat, pintar, berbakti buat papi and bundanya, sayang and akur terus ama abang eki-nya...:)

Cheers